Sunday, October 26, 2008

Memulai bisnis apa ya kira2...?

Pada Rab, 15/10/08, Deni Danasenjaya <denids1@yahoo.com> menulis:
Dari: Deni Danasenjaya <denids1@yahoo.com>
Topik: [agromania] Memulai bisnis apa ya kira2...
Kepada: agromania@yahoogroups.com
Tanggal: Rabu, 15 Oktober, 2008, 6:14 AM

Dear all....
Saya saat ini bekerja sbg professional, agrobisnis adalah salahsatu 
minat saya karena orangtua & kakek juga dulu petani, cuma saya masih 
bingung kira2 peluang bisnis apa yang saya bisa di sambi saat ini?, 
pernah nyoba langsung terjun wirausaha tapi hasilnya malah jemblok, 
bukannya bisnis yang berkembang tapi tabungan yang dijadikan modal 
yang hilang, mana saat itu baru kena PHK pasca krismon lagi, trus 
terulang lagi sekitar 2 tahun yang lalu & kembali tabungan saya yang 
dijadikan modal hilang. 
Dari situ semangat wirausaha menyurut karena traumatik, walau ada 
teman yang memberi tahu mungkin saya salah membina networking yang 
tepat, lalu secara teknis saya pikir say aini gak pinter marketing & 
negosiasi dan modalnya juga pas2an (maklum pegawai tabungannya 
dikit).
Keahlian saya cuma me-manaje proses operasional organisasi di 
tempat saya bekerja, sesuatu yang gak bisa dijadikan bisnis kalo yang 
begini sptnya...

Mohon pencerahannya nih dari rekan2...

Wassalam

Kang Deni

 

Pada Sel, 21/10/08, D. Hadi <energimania@gmail.com> menulis:

Dari: D. Hadi <energimania@gmail.com>
Topik: Re: Bls: [agromania] Memulai bisnis apa ya kira2...
Kepada: 
agromania@yahoogroups.com
Tanggal: Selasa, 21 Oktober, 2008, 6:53 PM


Bung Deni:
Setelah membaca tulisan anda dibawah ini kurang lebih garis besar isinya.
Anda seorang profesional dan masih bekerja

  •   Minat agrobisnis
  • Pernah 2 kali merugi dalam wirausaha (usaha apa?)
  • Modal kecil
  • Keahlian di bidang proses manajemen operasional organisasi/perusaha an 
  • Pertanyaan: memulai bisnis apa ya kira-kira... ?

Anda sudah mempunyai modal utama untuk memulai usaha yaitu MINAT kebetulan di bidang agrobisnis. Sebagai seorang profesional dan masih bekerja artinya punya sumber dana (source of fund). Anda juga punya modal pengalaman yaitu pernah 2 x merugi (bukankah kegagalan adalah sukses yang tertunda?). Mempunyai keahlian dibidang manajemen operasional organisasi/perusahaan.

Jadi menurut saya, anda sudah memiliki cukup modal.
Karena di email anda tidak menyebutkan di usaha apa anda gagal, saya hanya bisa berasumsi positif saja bahwa usaha tersebut di bidang agrobisnis dan menggunakan modal cukup besar yang meyebabkan anda menjadi trauma atas kegagalan (sampai jeblok, kalau rugi sedikit jarang orang sampai trauma).

Untuk menjawab "memulai bisnis apa (lagi) ya kira-kira... " menurut saya
sebagai berikut:
Dari pengalaman saya (belum teruji secara ilmiah)

  • Mulailah dengan yang anda sukai/minati (hobbie) dan lebih bagus lagi sesuai dengan keahlian anda. Persis seperti teori minat dan bakat dalam seseorang memilih jurusan di sekolah atau perguruan tinggi.
  • Mulailah dengan modal kecil (maksimum menghabiskan 20% dari tabungan anda). Atau 20% dari penghasilan anda per bulan dengan asumsi anda tidak sedang mencicil KPR saat ini.
  • Namanya saja wirausaha, jadi jangan mulai usaha dengan berpartner/bermitra , karena anda sedang mulai usaha kemungkinan konflik dengan partner dalam mengambil keputusan selalu ada. Bermitra hanya  dilakukan kalau anda sudah menguasai A sampai Z dari usaha tersebut.
  • Usaha itu ada siklusnya, jadi jangan berhenti sampai 2 atau 3 kali siklus usaha (kebanyakan orang begitu gagal terus berhenti tanpa mau menganalisis penyebab kegagalannya) .

Dibawah ini saya sampaikan bagaimana memulai usaha sendiri yang sudah baku dan teruji secara ilmiah:

  • Pilih atau ciptakan ide bisnis (business ideas)
  • Buat rencana bisnis nya (business plan)
  • Sumber keuangan (financing)
  • Pilih bentuk usaha nya; (karena mandiri biasanya cv). Kalau kecil sekaliusahanya ya diabaikan saja.
  • Memulai usaha; ini adalah yang terpenting karena uang akan masuk dikarenakan uang anda juga akan keluar untuk dibelanjakan. Di mana lokasi usaha tersebut (rumah sendiri atau sewa tempat). Karena anda bekerja, mungkin perlu karyawan/buruh dsb.

Mudah-mudahan bisa memberikan pencerahan seperti yang diinginkan.

Salam,
D. Hadi

No comments: